Vrydag 29 Maart 2013

1.  MENYIMPULKAN ISI BERITA
v                        - Menentukan pokok-pokok berita
v                        - Menyimpulkan isi berita yang didengarkan

Dalam berinteraksi sosial kita  memerlukan informasi. Informasi menjadi kebutuhan penting di zaman ini. Darimana kita mendapatkan informasi? tentu saja banyak cara, antara lain melalui media cetak berupa koran, tabloid, majalah, dan buku. Selain itu ada media elektronik yaitu melalui TV, radio, dan internet.
Apa saja informasi yang kamu dapatkan melalui berita yang kamu dengar di radio atau kamu saksikan di TV? Tentu saja inti sari atau pokok-pokok berita, inti sari berita tersebut kita kenal istilah ADIKSIMBA atau  5 W + 1H.
A       = APA. Apa peristiwa yang terjadi?
DI      =DIMANA, dimana lokasi peritiwa itu?
K       = KAPAN,  waktu terjadinya peristiwa
SI      = SIAPA, siapa saja pelaku yang terlibat dalam peristiwa itu?
M      = MENGAPA. Apa sebabnya pperistiwa itu terjadi
BA    = BAGAIMANA, bagaimana urutan peristiwa tersebut?

1.    Susunan berita
a.       Kepala/teras berita  (judul, 5 W ) berisi;  apa, dimana, siapa, kapan, mengapa
b.      Tubuh berita   (1 H) bagaimana (penjelasan lebih mendetail)
c.       Ekor berita   (simpulan, komentar akhir)

2.    Langkah-langkah menulis isi berita
a.       Tulis pokok-pokok berita yang didengar
b.      Ubah pokok-pokok berita menjadi kalimat-kalimat
c.       Susun kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf yang padu

      3.  Syarat sebuah berita
            1. aktual; berita terbaru, tidak basi
            2. menarik; menimbulkan keingintahuan orang lain
            3. penting : perlu diketahui oleh orang banyak/mempunyai nilai kepentingan publik


Contoh berita
PURWOREJO - Teater Ganesha tampil memukau saat membawakan lakon "The Judgment of Paris." Teater  yang lahir di SMAN 1 Purworejo ini mengikuti acara High School Drama Festival yang diadakan English Study Center Universitas Muhammadiyah Purworejo (ESC-UMP) di auditorium setempat pekan lalu.Adegan drama dimulai tarian gemulai sejumlah penari yang diiringi alunan musik bersuasana magis. Drama itu mengambil setting perhelatan pemilihan dewi tercantik di Gunung Olympus, kerajaan Zeus. Sebuah apel yang dibawa empat penari diberikan pada Zeus, pertanda pemilihan dewi tercantik akan dimulai. Berkumpul di singgasana Zeus, tiga dewi cantik. Yakni, Aphrodite, Athena, dan Hera. Zeus ingin menilai kecantikan ketiga dewi. Tetapi dia tidak mampu memilih sendiri. Zeus menunjuk Paris, seorang penggembala biasa dari Phyrgia, yang terkenal dapat menilai kecantikan dengan adil dan bijaksana.Hermes seorang dewa pengantar pesan akhirnya pergi menuju Phyrgia untuk menjemput Paris."Itu adegan pembuka lakon The Judgment of Paris yang kami bawakan," ungkap Rofi Oktafianto, pemeran dewa Zeus usai pementasan.Rofi menjelaskan, dalam lakon tersebut, peran Hermes dibawakan Dady Wicaksono. Sedangkan Heni Ratnasari sebagai Hera, dan Savira Ayu Larasati sebagai Athena. Untuk Aprodhite diperankan Tsani S Amalia dan Bimo Jati sebagai Paris.Festival drama itu diikuti delapan grup. Selain Teater Ganesha, Smanti Grup dari SMAN 3 menampilkan Two Blind Man and A Donkey, Teater Piencet SMA Pius mengandalkan Facing Death, dan Teater Asidanibur SMKK Penabur percaya diri membawakan lakon The Dear Departed.  Demikian pula dengan The Bestist dari SMAN 6 yang membawakan Silly Willy, Teater Classic SMAN 5 dengan Lithuania, lakon yang dibawakan Teater Tanjung SMAN 7  adalah Hello Out There, serta SMKN 3 dengan Forbidden Fruit."Festival drama digelar selama enam hari," kata Ananda SS MPd, selaku dewan juri.Ananda melanjutkan, ada dua dewan juri lain selain dirinya. Yaitu Andrian Nuriza Johan SS MPd dan Ambarsari SPd.Terkait penampilan Teater Ganesha, Ananda menilai penyajian cukup utuh dan rapi. Detail opening dan ending digarap cermat. "Didukung artistik, baik tata panggung, rias, kostum, dan musik yang serius, pentas ini semakin menunjukkan keseriusan penggarapan," paparnya.Juri lain, Ambarwati mengatakan, dari segi keaktoran semua pemain bermain cukup total. Hanya saja, masih ada pemain yang volume vokalnya kurang maksimal. Sehingga, artikulasi dialog dengan bahasa Inggris menjadi tidak mantap. "Secara keseluruhan, lakon yang disutradari Tsani  S. Amalia layak mengikuti festival. Yang menonjol dari sisi kostum sangat sesuai dan mendukung karakter pemain," imbuhnya.Eko Sutopo, pembina Teater Ganesha mengatakan, panitia benar-benar menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai. Ini sangat berbeda dengan panitia lomba seni drama pelajar dalam rangka Popda di Gedung Kesenian Sarwo Edhie Wibowo di hari yang sama yang tampil seadanya. "Festival Drama cukup baik sebagai upaya menggiatkan seni drama di Purworejo. Cara ini juga tepat untuk pembelajaran Bahasa Inggris bagi peserta dan penonton," katanya.(tom/hes)


Jawablah Pertanyaan dari berita yang telah dibacakan guru!
1. Tentukan pokok berita apa saja yang terdapat pada teks berita tersebut!
    Apa         :............................................................................................
    Dimana   : ............................................................................................
    Kapan     :.............................................................................................
    Siapa       :  ...........................................................................................
    Mengapa :.............................................................................................
    Bagaimana:...........................................................................................
2. Tulislah 5 isi berita berdasar pokok berita yang telah kamu temukan ke dalam beberapa kalimat!         .
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Simpulkan isi berita menjadi satu alinea
    ......................................................................................................................................................
   .....................................................................................................................................................
   .....................................................................................................................................................

  ....................................................................................................................................................


1. Klipinglah berita di mideia massa/surat khabar yang bertema lingkungan
2. Bentuklah kelompok beranggotakan 4 siswa
3. Temukan pokok-pokok berita
4. Simpulkan isi berita berdasarkan pokok-pokok berita
5. Jilidlah hasil kerjamu dengan kelompok yang lain jadikan dokumen portofolio kelasmu!

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking